Selasa, 05 Maret 2013 - 18:19:28 WIB
Kerajinan Perempuan Papua Harus Dilestarikan
Diposting oleh : harianpagipapua
Kategori: Eko & Tekno - Dibaca: 95 kali

SENTANI – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si mengatakan, semua hasil kerajinan yang dibuat oleh tangan-tangan terampil perempuan Papua, harus terus dilestarikan. Khususnya kerajinan dari perempuan Papua asli Kabupaten Jayapura.
Untuk maksud tersebut, pemerintah kabupaten Jayapura telah menyediakan sebuah toko dengan nama Galeri Perempuan Papua, di kawasan Hawai Sentani yang belum lama ini diresmikan.
“Kerajinan ini harus terus dilestarikan dan harus dijaga dengan baik untuk jangka waktu yang lama, tingkatkan kreativitas dan inovasi agar kerajinan ini bisa menjadi nilai ekonomis,” ujar Bupati kepada wartawan, belum lama ini.
Dijelaskannya, hasil kerajinan para perempuan Papua ini, merupakan suatu kreasi yang harus diberikan dukungan penuh. Sehingga pihaknya meminta kepada perempuan Papua asal Kabupaten Jayapura, untuk senantiasa tetap merawat dan menjaga hasil karyanya.
“Dengan karya-karya nyata seperti ini, pemerintah akan terus memberikan perhatian yang lebih lagi terutama terhadap peningkatan usaha dan kreativitas perempuan, untuk bagaimana tetap dibudidayakan atau dilestarikan secara terus menerus,” jelasnya.
Menurutnya, April mendatang akan ada pameran pembangunan di Jakarta dan pihaknya berniat mengambil dua stand untuk dipakai pada pameran tersebut. Stand tersebut nantinya untuk memamerkan hasil-hasil pembangunan, juga hasil karya perempuan Papua.
Pemerintah berharap kepada kaum Perempuan Papua, khususnya yang mempunyai bakat dalam menciptakan hasil karya-karya galeri seperti ini,  untuk tetap memperhatikan kerajinan noken yang kini dikenal sebagai warisan dunia dari budaya orang Papua.
“Pemerintah berjanji akan terus meningkatkan karya-karya yang aktif ini, sehingga kedepan orang dari luar bisa menghargai karya-karya perempuan di Papua, khususnya perempuan yang ada di Kabupaten Jayapura,” tandasnya. (inu/ecy/hpp)



0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)