Rabu, 17 April 2013 - 17:35:21 WIB
Peralihan PBB P2 dan BPHTB Diharapkan Genjot PAD
Diposting oleh : harianpagipapua
Kategori: Daerah & Politik - Dibaca: 139 kali

SENTANI – Adanya peralihan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) serta peralihan pemungutan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebagai pajak daerah, diharapkan mampu menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Demikian dikatakan Sekretaris Dinas Pendatapatan Daerah Kabupaten Jayapura, Theopilus Tegai S,Sos. MM, pada Harian Pagi Papua saat berbincang di Sentani, Sabtu (13/4/2013).
Menurutnya, adanya peralihan PBB-P2 dan BPHTB ini, akan terjadi perubahan yang positif baik khususnya yang berkaitan mengenai upaya peningkatan pelayanan terhadap wajib pajak dan optimalisasi pendapatan daerah.
“Apalagi di Kabupaten Jayapura sudah ada perda nomor 7 tentang BPHTB dan perda nomor 6 tentang PBB-P2, sehingga kami bisa langsung action dilapangan,” ujarnya.
Kata dia, sebenarnya PBB-P2 dan BPHTB ini sudah harus berjalan sejak awal tahun 2011 lalu. Namun, karena saat itu belum ada perda dan baru disahkan bulan lalu, sehingga beberapa bulan peluang peralihan ini tidak bisa dimanfaatkan, padahal potensi pajak banyak.
Pihaknya menilai dengan adanya peralihan PBB-P2 dan BPHTB ini, peluangnya sangat bagus untuk menggenjot PAD kabupaten Jayapura.
Untuk itu, pemerintah daerah harus mempersiapkan hal-hal lainnya berkaitan dengan pelaksanaan PBB dan BPHTB sebagai pajak daerah terutama kesiapan sumber daya manusia (SDM) serta kelengkapan sarana dan prasarana guna menunjang kelancaran kegiatan. (inu/fre/hpp)



0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)